10 April 2018

KKN, KULIAH KERJA NYATA ?

#NIKMATINAJASIST #NAMANYAJUGAIDUP



Hola,

Kali ini gue mau sharing aktivitas sehari-hari gue ngapain aja. 

Sebelumnya buat yang ga tau gue siapa, gue cerita sedikit dulu. Jadi, gue ini anak rantau dari Sumatera Selatan yang tinggal di kota orang di Jakarta. Sebelum tinggal di Jakarta, gue juga sempat merantau di kota orang juga di Jatinangor & Bandung karena dulunya gue kuliah di Unpad Nangor dan semenjak lulus sidang biar dekat pas wisuda pindahlah gue ke Bandung padahal biar ngerasain jadi anak Bandung aja bentar HAHA. Setelah pasrah di Bandung, cari kerja susah, mau ekstensi juga belum direstui, teman-teman pada gatau kemana dan dimana, yaudah deh akhirnya gue memutuskan lebih baik pindah ke Jakarta biar dekat juga kalo mau pulang ke rumah. Di Jakarta gue nebeng tinggal sama saudara kandung gue yang gue panggil "ayuk". Selama di Jakarta untungnya gue punya "ayuk" jadi biaya tempat tinggal dan makan aman udah ditanggung doi. Tapi balik lagi, tujuan gue ke Jakarta bukan buat menuhin populasi Jakarta aja, gue ke Jakarta mau cari kehidupan yang lebih makmur alias jobseekers sejati. Selain jadi jobseekers sejati gue juga ingin ngelanjutin kuliah di Bakrie University makanya itu jadi alasan gue harus pindah ke Jakarta. 

Well, 
Sekarang gue udah jadi mahasiswa ekstensi di Bakrie University (mahasiswa semester akhir) dan gue juga udah kerja di salah satu E-Commerce di Jakarta. Bahagia sih, setelah gue tau rasanya jatuh, bangkit, jatuh lagi, pasrah, dan akhirnya kembali bangkit lagi itu susah. susah banget ga bohong. Gue ngerasain gimana rasanya ditolak banyak perusahaan, itu udah kaya makanan sehari-hari bagi gue yang fresh graduate. Sana sini ikut jobfair, print cv itu udah abis berapa rupiah ga kerasa, sampe pasrah ga mau ikut jobfair lagi karena cuma ngabisin duit, tenaga, dan mental. Tiap malam kadang nangis, tiba-tiba nanya sama Allah kenapa sampe sekarang belum ada yang nerima gue apa adanya, sedangkan teman-teman yang lain udah senang dengan kerjaannya. Yah banyak pengalaman paitnya lah, lo yang pernah dan yang lagi berjuang buat dapatin mimpi lo pasti tau lah seberapa hebatnya bisa bertahan di kehidupan yang keras ini. Beruntung kalo lo ga ngerasain apa yang gue dan teman-teman lain rasakan, capek sih kalo lo ga kuat bisa gila kali ya wkwk. 

KERJA-KULIAH SENIN SAMPAI JUMAT, SABTU MINGGU ? 
Gue kuliah di Bakrie ngambil ekstensi (Kelas Karyawan) jadi jadwal kuliahnya setiap malam senin sampe sabtu dari jam normalnya jam 19.00-21.00 WIB. Semester ini gue kuliah alhamdulillah nya cuma senin sampe jumat, jadi sabtu minggu bisa istirahat bentar alias skripsi tetap jalan :(. Gue juga sambil kerja, setiap hari senin sampai jumat bahkan sabtu minggu juga kadang masuk karena over time (lembur), jamnya shift kadang pagi jam 08.00-17.00 WIB, kadang jam 10.00-19.00 WIB. Kalo gue masuk jam 10 gue harus rela telat ngampus karena pasti datangnya telat, belum lagi Jakarta macetnya ga ketolongan. 

Terus ngatur waktunya gimana? 
Yang jelas, prinsip gue si "Kalo kerja fokus kerja, kalo jam kuliah fokus belajar, dan kalo udah di kamar harus istirahat. Kesehatan nomor satu, kerjaan jangan dibawa ke luar jam kantor". Meskipun kadang gue nyampe kosan ga langsung tidur karena mesti ngerjain tugas kuliah dulu dan kalo ga dikerjain malam itu juga, di kantor ga akan bisa ngerjain karena kerjaan gue yang target oriented banget. Kalo gue lagi lemot ga mood jadi bikin kerjaan gue lambat dan malah jadi ga bisa nugas di kantor. Makanya gue kalo ada tugas biasanya ngerjainnya setelah pulang kampus atau di waktu libur kalo lagi ga malas hehe.

Emang ga capek abis kerja langsung ngampus? 
HAHAHAHA, capek kok. Udah kerjaan gue target oriented banget ngeliatin komputer bener-bener 8 jam istirahat cuma buat pipis, puppy, sholat, sm makan doang. setelah itu lanjut lagi depan komputer. Pasti capek lah. Lagian ga ada juga kerjaan yang ga bikin capek. Nikmatin aja sistt, kan ada tuh pepatahnya 'berakit-rakit kehulu, berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian" dan gue percaya pepatah itu emang benar. 

Ngapain sih kuliah lagi, S1, D3 kerjanya juga sama aja?
Aduh, sedih sih ini. Gue kuliah bukan cuma buat dapatin gelar sarjana doang cuy. Gue masih butuh ilmu, pengetahuan, informasi baru, dan tentunya pengalaman. di Diploma gue belajarnya broadcast banget dan banyak praktiknya, di Sarjana gue belajar teori yang bagi gue itu jauh beda dengan cara kuliahnya anak diploma, apalagi gue ngambil jurusan Marketing Komunikasi yang ga ada sisi broadcastnya. Dan satu lagi, gue ga mau nyia-nyia-in waktu gue. Selagi masih muda ga ada salahnya kok buat banyakin bekal yang nantinya bakal kepake di kehidupan lo. 

Kerja-kuliah terus, ga pernah liburan dong?
IYA :(. Kadang yang gue sedihin selama kerja-kuliah gini adalah waktu liburan gue. Selama gue kerja-kuliah gue ga pernah curi waktu buat main ke kota orang lagi. Gue ngerasa waktu libur gue sedikit cuma ada sabtu dan minggu, itu pun kadang dipake buat kerja lembur yang wajib di ambil. Kalo gue paksain main ke kota orang yang ada lama di perjalanan dan capek. Dari pada pulang-pulang badan sakit, mending manfaatin buat istirahat di kosan. Tapi kadang kalo tanggal merah di hari jumat, suka di manfaatin buat main sama temen-temen aja. Ga perlu jauh yang penting silahturahmi tetap jalan. 

Kenapa ga selesai-in kuliah dulu baru kerja?
Because, pas awal masuk kuliah udah pernah dicoba. Gue ga kerja cuma kupu-kupu kuliah pulang kuliah pulang. cupu banget lah, hidup gue ga ada variasinya. Gue kuliah sama gue kerja sekarang ga ada bedanya, malah gue lebih ngerasa benar-benar hidup gue berfaedah tuh sekarang setelah gue dapat kerja. Karena dulu selama gue jadi kupu-kupu, kerjaan gue ya benar-benar di kampus belajar di kosan ya ena ena gitu bobok seharian, nontonin drakor sampe subuh, ya parah banget lah, berasa kurang berguna aja hidup gue waktu itu. Terus gue kadang baper sama dosen gue yang bawa-bawa kerjaan ke tugasnya atau ke bahasannya. Misal kaya ditanya "disini sudah kerja semua atau ada yang belum kerja? kenapa? dan lainnya". Gue kadang males aja dengar kata-kata itu, mana di kelas gue yang belum dapet kerja itu cuma 2 atau 3 orang gitu lupa, yang jelas gue belum kerja saat itu. Tapi ternyata karena pertanyaan berulang itu gue jadi termotivasi untuk balik jadi jobseekers, pikiran gue selalu dihantui kata-kata 'temen lo aja bisa kerja sambil kuliah masa lo ga bisa'. Dari sana gue cari kerja sana sini, apply kesana kemari, interview sana sini, gagal coba gagal lagi, sampe sempat pasrah mau kuliah aja nyari kerja susah. Tapi tiba-tiba kaya dapat jawaban dari semua usaha dan doa gue, temen gue nawarin kerjaan untuk posisi intern, senang sih tapi agak sedih karena posisinya intern. Tapi gue udah janji sama diri gue, kerjaan apapun itu gue harus terima, sekalipun itu sebagai intern. Gue benar-benar nekat saat itu, setelah di tawarin temen gue, gue langsung apply keesokan harinya, langsung di interview juga, dan gue lolos besoknya langsung masuk kerja. Luar biasa kekuatan doa dan usaha ga menghianati hasil! Selesai intern gue langsung dapat kerja yang beneran kerja.

Suka duka kerja sambil kuliah apa?
Kalo perjalanan lo ga ada suka dan duka kaya ga fair aja sih. Berjuang sana-sini, itu mustahil kalo gue ga bilang ga ada suka ataupun dukanya. Semua perjalanan rintangan yang gue hadapin sejauh ini belum seberapa, harus tetap bersyukur. Sukanya banyak banget, gue bisa nikmatin hidup gue dengan nambah ilmu, pengetahuan, pengalaman, dan berjuang demi sebongkah berlian. Kalo dukanya, dikit sih, paling cuma gasuka sama tugas-tugas kuliah aja. Karena yang namanya kuliah itu sesungguhnya ga capek, yang capek itu tugasnya :"). 


Yah itulah sepenggal kisah anak mama yang pergi ke kota orang demi mencari kehidupan yang bermanfaat dengan segumpalan keringat perjuangan untuk mewujudkan mimpinya. Masih sepercik perjuangan, tunggu lagi ceritanya.
SEMOGA BERMANFAAT. 




@noviikk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar